Masjid Besar Pertama Ukraina Diresmikan

Monday 5 December 2011


Hidayatullah.com--Masjid besar bermenara pertama yang dimiliki Ukraina, diresmikan pada hari Sabtu lalu, seiring dengan perayaan ulang tahun kemerdekaan negara tersebut di ibukota Kiev.

Masjdi Ar-Rahman terletak di atas bukit Shchekavitsya di distrik Tatarka. Pembangunan masjid berkapasitas 3.000 jamaah itu dimulai sejak tahun 1994.

Usaha pertama untuk mendirikan masjid di Kiev dilakukan pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20. Namun, dua perang dunia dan Revolusi Oktober 1917 menghentikan upaya pembangunan masjid itu seluruhnya. Setelah itu, baru pada tahun 1991 pembangunan masjid diupayakan kembali. Sebelumnya, Muslim di sana terpaksa melakukan shalat jamaah di apartemen-apartemen, perpustakaan dan gedung-gedung olahraga.

Anna German, perwakilan dari presiden Ukraina, dalam sambutannya mengatakan, "Dalam rangka peresmian masjid ini, saya memberi selamat kepada seluruh Muslim di Kiev dan Ukraina. Ini merupakan simbol dari Ukraina dan perlindungan konstitusi Ukraina terhadap hak asasi dan kebebasan hati nurani. Ini merupakan kesuksesan dari negara demokrasi kita."

German mengatakan bahwa Ukraina berhasil membuktikan negara mereka bisa hidup dengan damai tanpa ada konflik agama.

"Saya berharap kedamaian ada dalam rumah (masjid) ini, di rumah-rumah di Ukraina dan di seluruh dunia," pungkas German dalam pidatonya, dikutip kantor berita Cihan.*

Keterangan foto: Masjid Ar-Rahman di Kiev, Ukraina.[Cihan]
Share this article :
 
Support : Creating Website | Bagus Tirtayasa
Copyright © 2011. BEM STEI SEBI - All Rights Reserved
Creating Website Inspired by INKOM BEM STEI SEBI
Proudly powered by Blogger